Musicholic Night : Ajang Unjuk Kebolehan dan Berbagi Pengalaman

Musicholic adalah sebuah KBM atau kegiatan bakat minat yang menjadi wadah bagi para mahasiswa pecinta musik di Fakultas Psikologi. Dalam rangka menutup semester ganjil di tahun 2012 ini, tepatnya pada hari Jumat, 7 Desember 2012, KBM Musicholic mengadakan sebuah acara kebersamaan yang dinamakan Musicholic Night.

Tak hanya ingin menampilkan permainan musik, KBM Musicholic pun berkolaborasi dengan KBM Kopi atau Kelompok Obrolan Psikologi untuk membawakan sebuah diskusi.  Bertempat di sebuah cafe yang cukup terkenal di Salatiga, acara ini berlangsung dan dihadiri oleh para mahasiswa Fakultas Psikologi dari berbagai angkatan.

KBM Musicholic sendiri dibagi menjadi beberapa tim dalam penampilannya yang mengusung tema akustik, sesuai dengan suasana cafe. Acara  yang dimulai pukul 17.30 WIB ini berlangsung dengan santai, diawali dengan penampilan beberapa lagu dari KBM Musicholic, diselingi dengan snack untuk masing-masing penonton dan kemudian dilanjutkan diskusi oleh KBM Kopi. Kali ini KBM Kopi membawakan sebuah diskusi mengenai makna hidup yang kemudian difokuskan  pada perilaku prokrastinasi. Diskusi berjalan menarik yang didukung interaksi pemimpin diskusi dengan para penonton.

Pada diskusi ini para mahasiswa dijelaskan mengenai definisiprokrastinasi, apa yang biasa menjadi penyebab perilaku ini dan juga bagaimana cara menguranginya. Pemimpin diskusi berusaha mendorong para mahasiswa agar dapat menjadi pribadi yang mampu mengendalikan diri, dapat membuat prioritas dan terus berpikir positif. Disini pemimpin diskusi juga turut membagikan pengalamannya selama berkuliah di Fakultas Psikologi UKSW.


Setelah diskusi berlangsung, kembali  ditampilkan beberapa lagu oleh tim coaching clinic yang berisi para mahasiswa baru yang selama beberapa waktu ini secara intensif diajari oleh para senior di KBM Musicholic untuk memainkan dan mempelajari alat musik tertentu. Kemudian dilanjutkan dengan persembahan puisi oleh seorang mahasiswa yang juga disambut dengan meriah. Acara diselingi kembali dengan makan malam yang ditemani oleh nyanyian dan permainan musik oleh para mahasiswa yang ingin mempersembahkan lagu. Tak sampai disini, ternyata KBM Musicholic juga mengundang seorang komik, yaitu Arief Ersan dari Fakultas Psikologi angkatan 2009 dan seorang komik lain, Aproni dari Fakultas Ilmu Kesehatan yang juga merupakan pemenang lomba stand up comedy di sebuah acara universitas. Penampilan stand up comedy mereka kembali menghidupkan suasana dan membawa tawa bagi para mahasiswa.

Sebagai penutup acara, KBM Musicholic ternyata mengundang bintang tamu lain, yaitu Wanx-Wunx Percussion, sebuah kelompok musik dari Salatiga yang mengusung permainan perkusi. Tak hanya menampilkan kebolehan, ternyata mereka juga menyempatkan diri untuk mengajar para mahasiswa bagaimana cara memainkan sebuah alat perkusi dengan benar. Para mahasiswa pun dengan fokus memperhatikan sebuah ilmu baru dari dunia musik.

 

Secara keseluruhan, para penonton merasa acara kali ini sangat seru, baru kali ini KBM Musicholic mengadakan sebuah acara seperti ini dan bekerjasama dengan KBM Kopi. Didukung dengan momen yang tepat dan persiapan yang baik, para mahasiswa sebagai penonton mengatakan cukup puas dengan penampilan dan konsep acara. Salah satunya Kevin Yosua sebagai Ketua Senat Mahasiswa Fakultas Psikologi 2012/2013 yang juga hadir, “Musicholic sudah bagus, persiapannya baik, respon mahasiswa juga sepertinya banyak yang tertarik, juga bisa menjadi peserta diskusi dan menarik minat teman-teman yang lain”. Ia pun mendukung agar acara ini dapat diadakan lagi di lain waktu.  Diskusi dari KBM Kopi pun dilihat bermanfaat khususnya bagi para mahasiswa baru yang belum mengenal prokrastinasi dan masih menyesuaikan diri dengan dunia perkuliahan. Tak hanya itu, mahasiswa baru pun mendapat kesempatan untuk menampilkan kebolehan mereka dalam bermusik.

Diharapkan melalui acara ini para mahasiswa dapat semakin tertarik untuk mengikuti KBM-KBM yang ada di Fakultas Psikologi, khususnya KBM Musicholic dan KBM Kopi. KBM-KBM ini sangat terbuka bagi para mahasiswa yang hendak belajar lebih jauh, baik mengenai musik, maupun berdiskusi mengenai topik-topik Psikologi. Pada dasarnya KBM-KBM ini dibentuk bukan hanya untuk mendukung sisi akademis mahasiswa, tetapi juga untuk menyalurkan dan mengembangkan bakat dan minat yang mereka miliki.  (LDS_09)

Musicholic.. Let’s Rock!

 

 

 

 

 

 

 

We have 3 guests and no members online